Cara Mengetahui Mobil Bekas Tabrakan

Cara Mengetahui Mobil Bekas Tabrakan

Cara Mengetahui Mobil Bekas Tabrakan

Jika tidak ingin buntung dalam membeli mobil bekas, coba perhatikan dengan jeli bagian-bagian tertentu dari mobil tersebut apakah pernah mengalami benturan atau tidak.

Ya kita akan merasa rugi besar jika membeli mobil bekas tabrakan, penyesalan akan terasa manyakitkan dan membuat gunda gulana dan kerugian material jika ada efek negatif yang ditimbulkan dari tabrakan tersebut, seperti mobil yang tidak lagi balance, understir atau sampai mengeluarkan bunyi-bunyian ga jelas.

Berikut kami ada tips dan cara untuk mengetahui mobil bekas tabrakan:
Pada umumnya mobil yang pernah mengalami kecelakaan hebat seperti tabarakan akan mempunyai ciri-ciri yang dapat dirasakan saat kita kendarai.
  1. Seperti pada umumnya sebelum kita membeli sebuah mobil bekas, lakukan pengecekan pada seluruh bagian body frame lihat bagian atas, bawah, samping, depan dan belakang, lihat dari kejauhan perhatikan refleksi banyangan lingkungan sekitar pada body mobil apakah tergambar sebagaimana mestinya atau tidak, hal ini dapat mendeteksi kesempurnaan dari bentuk body mobil tersebut. Lalu cek secara manual ketok-ketok bagian body yang sekiranya rawan benturan apa ada bunyi yang berbeda, kalau iya ada kemungkinan pernah terbentur atau keropos lalu di dempul, perhatikan catnya juga apa ada perbedaan warna.
  2. Buka kap mobil, lihat tuas sasis apakah masih terlihat bagus dan sempurna bentuknya. Biasanya tuas sasis akan mengalami bengkok atau mempunyai bentuk yang kurang sempurna, jika pernah mengalami benturan keras karena tabrakan dari depan. Tuas sasis kalau sudah bengkok akan sangat sulit diluruskan.
  3. Cek semua area pada bagian pintu dan kap mesin terutama pada bagian engsel pintu apakah ada bekas las yang tidak pada area semestinya atau disekelilingnya datar seperti ada unsur penambahan plat baru, lihat karet klem pada kaca depan dan belakang semprotkan air tekanan tinggi ke pinggir kaca yang dipasangkan ke bodi. Proses perbaikan bodi yang kurang bagus dan penggunaan komponen murah menyebabkan rembesan air ke sisi dalam kaca (ruang dalam mobil). Hal ini menandakan mobil pernah tabrakan cukup berat, dengan kerusakan bodi yang juga lumayan berat.
  4. Lakukan tes drive dan perhatikan beberapa ciri khas mobil bekas tabrakan sebagai berikut. Pacu mobil pada kecepatan 40 sampai 60 km/jam di jalan lurus yang mulus, jika anda merasakan kemudi / stir menarik (understir) ke salah satu sisi baik ke kiri atau ke kanan, secara halus sekalipun, dapat dipastikan mobil ini pernah mengalami benturan hebat baik dari depan, belakang, maupun samping. Hal ini disebabkan oleh sasis yang bengkok sehingga jarak pijak roda depan atau belakang mengalami perubahan, dan tidak sama atau tidak sesuai dengan aslinya keluaran dari pabrik.
  5. Radius putar pada kemudi berbeda antara belok ke kanan dan kiri, hal ini juga disebabkan oleh perbedaan titik pijak antara roda depan dan belakang (kalau ditarik garis lurus akan berbeda). Mungkin anda menyangka atau si penjual mengatakan bahwa mobil belum di-spooring, hait jangan langsung sembarang menyimpulkan atau menelan mentah-mentah hal tersebut. Perhatikan umur mobil, jika mobil masih berumur dibawah 2 tahun sudah minta spooring bisa jadi habis tabrakan atau pemakaian yang kasar atau sering di bawa offroad, untuk mengetahui kebenarannya, bawa mobil ke bengkel spooring untuk melakukan penyetelan. Setelah melakukan spooring langsung tes bawa jalan menempuh jarak 5 km dan coba melalui polisi tidur atau jalan berlubang, kalau ternyata radius putar kemudi kanan dan kiri masih tidak sama, tidak usah dibeli mobilnya, berarti kerusakan sudah permanen.

Nah semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita tentang ciri-ciri mobil bekas tabrakan untuk terhindar dari kesalahan membeli mobil bekas yang pernah mengalami kecelakaan.

Baca juga artikel lain mengenai langkah yang harus anda perhatikan sebelum membeli mobil bekas dan cara mengetahui mobil bekas kebanjiran.



Catatan :
  • Data yang tercantum untuk status keberadaan mobil atau harga, kami tidak menjamin masih valid atau sudah laku terjual, bisa langsung menghubungi kontak pengiklannya, terimakasih harap maklum.
  • jualsewamobil.net tidak pernah terlibat dalam transaksi jual sewa mobil tersebut diatas.
  • Jika penjual mengklaim jualsewamobil.net menangani penjualan JANGAN diproses.
  • Jika ingin menutup atau melaporkan iklan silahkan disini jangan lupa sertakan judul dari iklan tersebut.
Previous
Next Post »

About | Privacy Policy | Copyright Policy | Syarat Ketentuan | Iklan Banner | Sitemap | Contact

© 2017 Mobil Bekas & Rental Mobil