Biaya Perawatan Sebuah Lamborghini Gallardo

Biaya Perawatan Sebuah Lamborghini Gallardo

Biaya Perawatan Sebuah Lamborghini Gallardo

Nah mumpung masih hangat nih berita mengenai kecelakaan maut yang melibatkan sebuah mobil Lamborghini tipe Gallardo Superleggera di Surabaya beberapa hari yang lalu. Kabarnya mobil ini keluaran tahun 2012 berarti sudah sekitar 3 tahun umur mobil tersebut pada tahun 2015 ini, nilai jualnya masih sangat tinggi, bekasnya saja dibandrol Rp 5 milyar lebih "dalam kondisi baik tentunya".

Nah mungkin sebagian besar dari kita penasaran, berapasih biaya yang harus dikeluarkan untuk merawat atau memelihara sebuah Lamborghini Gallardo?

Mari kita kupas sedikit disini dengan tolak ukur rata-rata, soal akurasinya tergantung pemakaian, dan nilai tukar rupiah terhadap dollar tentunya. Mungkin artikel ini akan sedikit membantu bagi saudara kita yang beruntung dan ingin membeli sebuah Lamborghini Gallardo bekas tentunya karena sudah tidak ada yang baru.

Tidak hanya di Indonesia saja, hal ini sangat umum bagi seluruh pemilik mobil Lamborghini Gallardo di dunia, kebanyakan pemilik mobil eksotis bikinan Italia ini jarang menggunakanya sebagai sarana transportasi harian, seperti ngantor, kesekolah apalagi pergi ngampus hehehe..., jadi relatif lebih awet karena salalu disimpan dengan baik.

Total hanya 14,022 units Gallardo yang pernah dibuat sejak 2003 sampai 2013, oh tentu termasuk salah satunya yang terlibat kecelakaan tadi.

Gallardo adalah model paling laris yang pernah dibuat oleh pabrikan Lamborghini jadi mengenai spare part atau suku cadang jangan khawatir, akan selalu tersedia di dealer resmi Lamborghini apalagi kalau cuman oli, filter dan ban. Ya kita semua tau mobil ini sangat spesial, otomatis suku cadang juga tidak sembarangan, harus sesuai rekomendasi pabrikan contoh salah satunya ban ditekankan untuk selalu mengunakan produk dari Pirelli.

Biaya konsumsi bahan bakar Lamborghini Gallardo
Mobil ini bermasin gajah V10 dan lebih dari 4000-5000 CC kapasitas mesinnya, jadi jangan harap bisa irit bahan bakar, apalagi ada standart pabrikan untuk janis bahan bakar yang digunakan. Mesin ini rata-rata mampu menelan 1 liter Pertamax hanya untuk 3-5 kilometer kurang, apalagi kalau digunakan pada waktu jam pergi atau pulang kantor bisa menguap uang bayar SPP anak SD dalam hitungan menit. Suara mesinnya emang dasyat bikin ketagihan apalagi waktu dipanaskan sambil bleyer-bleyer wuisss syahdu tenan... syahdu juga uangnya kalau dilakukan tiap hari.

Kapasitas tangki BBM Gallardo bervariasi tergantung tahun produksi dan tipenya total rata-rata 80-90 liter, berarti harus mengeluarkan uang kurang lebih Rp 1.000.000 untuk mengisi penuh tangki bahan bakar dengan Pertamax Dex, dan hanya mampu untuk menempuh jarak kurang dari 450 kilometer hitungan kasarnya, apalagi kalau mesin dipanasin tiap hari ga terasa, tau-tau habis aja bensinya. Masih mau irit...? beli aja Honda atau Toyota kata gadis Jepang merayu kita hehehe...

Kebutuhan oli mesin Lamborghini Gallardo
Ingat mengganti oli tergantung berapa lama mesin sering dinyalakan bukan berapa kilometer jarak yang telah ditempuh. Jadi jangan salah jarang dipakai jalan-jalan bukan berarti menunda kewajiban ganti oli mesin, apalagi mesin dipanasin tiap hari. Rata-rata oli mesin full synthetic dapat mencapai interval pergantian per 10.000 km. Soal harga dan kebutuhan Gallardo tergantung merek dan tipe oli yang digunakan. Kapasitas oli mesin Gallardo total butuh 10 liter, harga untuk merek oli resmi Fastron Platinum Rp. 200.000/liter jadi butuh Rp. 2.000.000 setiap ganti oli belum ongkos servis.

Kebutuhan ban Lamborghini Gallardo
Gallardo adalah mobil AWD (All Wheel Drive / berpenggerak 4 roda), jadi kalau ganti ban tidak bisa satu-satu harus langsung satu set bersamaan diganti. Ingat ini mobil sangat kencang otomatis boros ban, kurang lebih 16.000 kilometer anda harus segera mengantinya kalau tidak akan sangat berbahaya kalau dipaksakan melampaui batas kilometer tersebut. Harga satu set ban bisa mencapai $US 2.000 setara Rp. 27.000.000 tergantung merek. Soal ban rekomendasi pabrikan yang harus pakai Pirelli P Zero Corsa anda bisa mengabaikannya. Anda bisa pakai ban merek lain selama ukurannya sama dan sesuai dengan velg originalnya, Michelin Pilot Sport atau ban performa tinggi dari Bridgestone cukup layak dicoba asal jangan sampai menganti velg karena akan butuh dana besar untuk itu.

Kelemahan dan kekurangan Lamborghini Gallardo
Insinyur Lamborghini kurang teliti dalam perhitungan beban girboks untuk menopang tenaga Gallardo yang besar. Ya kelemahan dari Gallardo adalah girboks / kopling, banyak review orang luar yang mengungkap kekurangan pada girboks Gallardo. Maka dari itu si insinyur menciptakan Lamborghini Huracan untuk menebus kesalahan mereka. Berapasih biayanya kalau ganti kopling...? siapin aja dana 6.000 US Dollar (setara Rp 81.000.000 kalau itungan $1 = Rp13.500) guna membeli 1 set kopling standar baru, belum termasuk ongkos servis.

Rekomendasi pabrik untuk kopling standar hanya bisa bertahan sejauh 24.000-40.000 kilometer, lebih dari itu harus segera diganti baru. Namun tidak sedikit yang belum sampai segitu jarak tempuhnya sudah mengalami masalah atau kerusakan dan harus langsung ganti kopling baru. Kalau ingin awet dan tahan lama, bisa beli kopling dengan material kevlar daya tahannya 3 kali lipat jauh lebih bagus daripada yang standar. Tentu ada uang ada rupa, harganya 9.000 US Dollar atau Rp. 121.500.000 per set.

Biaya pajak tahunan Lamborghini Gallardo
Ingat orang bijak selalu bayar pajak, si Gallardo masuk kategori hitungan pajak sebuah mobil mewah. "Untuk biaya pajak tahunan sebuah Lamborghini seri Gallardo sekitar Rp 70-75 jutaan," ujar Andrys Ronaldi Manajer Operasional PT Artha Auto, Agen Pemegang Merek (APM) Lamborghini Jakarta (4/9/2014).

Nah gimana apakah anda sudah dapat gambarannya? anda bisa hitung tuh berapa kira-kira biaya yang harus dikeluarkan untuk memelihara seekor banteng Italia di garasi.

Oya ini ada video seorang bule pemilik Lamborghini Gallardo yang mengatakan cuman butuh Rp. 30.000/1,6 kilometer untuk biaya perawatan sebuah Lamborghini Gallardo. Semoga anda paham dengan bahasa yang dipakai.





Catatan :
  • Data yang tercantum untuk status keberadaan mobil atau harga, kami tidak menjamin masih valid atau sudah laku terjual, bisa langsung menghubungi kontak pengiklannya, terimakasih harap maklum.
  • jualsewamobil.net tidak pernah terlibat dalam transaksi jual sewa mobil tersebut diatas.
  • Jika penjual mengklaim jualsewamobil.net menangani penjualan JANGAN diproses.
  • Jika ingin menutup atau melaporkan iklan silahkan disini jangan lupa sertakan judul dari iklan tersebut.
Previous
Next Post »

About | Privacy Policy | Copyright Policy | Syarat Ketentuan | Iklan Banner | Sitemap | Contact

© 2017 Mobil Bekas & Rental Mobil